Translate

Jumat, 06 Desember 2013

Memahami Allah: Jalan menuju keadilan dan perdamaian di dunia!

Memahami Allah: Jalan menuju keadilan dan perdamaian di dunia!
Oleh Farsijana Adeney - Risakotta

Saya terus menulis karena hanya itu yang saya bisa saya lakukan sekarang . Tapi ada banyak pertanyaan yang muncul dari teman-teman kami. Mereka bertanya bagaimana saya bisa menafsirkan kecelakaan yang mengakibatkan penderitaan tubuh saya sendiri untuk menjadi sebanding dengan kematian yang terjadi pada rakyat Papua . Ada pandangan bahwa saya bisa melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan Papua tanpa harus melalui rasa sakit  sekarang ini.  Banyak yang mengakui bahwa menulis adalah cara untuk menyembuhkan diri karena  perlu waktu untuk saya sembuh.  Beberapa orang berpikir saya membangun pikiran positif tentang apa yang terjadi dengan kami dan berharap bahwa suami saya juga akan terinfeksi dengan pandangan ini . Dalam keterkaguman mereka , saya telah membawa penderitaan tubuh dengan menempatkan dalam perspektif yang didukung oleh penjelasan rinci sehingga bisa menguatkan sesama yang lain . Ada kebutuhan yang dirasakan untuk berdoa lebih banyak untuk kami karena kecelakaan ini . Orang-orang berpikir bahwa cara saya menghadapi tragedi ini tidak banyak orang bisa melakukannya . Di atas semua komentar , saya bersyukur ada banyak teman-teman yang terus berdoa untuk kesembuhan saya.



Saya telah menulis tentang tanggal sebenarnya kecelakaan bersama dengan tanggal ketika mahasiswa Papua di Jayapura , memprotes rencana pemerintah daerah untuk bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk menggantikan UU Otsos Papua ( UU Otsus Papua ) dengan Otsus Papua Plus. Saya menulis sebuah artikel khusus yang terkait dengan suara kenabian dari Pdt Benny Giay , yang memimpin gerakan perlawanan terhadap rencana pemerintah termasuk bertanya tentang mengapa mahasiswa ditahan oleh polisi dan beberapa dimasukkan ke dalam penjara ketika mereka mempertanyakan status penyusunan undang-undang baru . Berkaca dari kasus ini, sifat demokrasi yang telah mengubah wajah politik di Indonesia , sebenarnya tidak berlaku di Papua.  Orang Papua terus tertekan tidak bisa bertanya tentang ketidakadilan sistem yang sedang dialaminya dan ketiadaan damai karena orang hidup dalam ketakutan. Protes mahasiswa ini terjadi pada tanggal yang sama ketika kita mengalami kecelakaan . Tanggal itu 2013/11/04 ( keempat dari November 2013).


Kekaguman saya semakin kuat karena tulang belakang yang patah adalah T - 11 dan L - 4 . Sekali lagi , nomor yang sama muncul , yaitu 11 dan 4 . Saya tidak menggunakan nomorlogi untuk menafsirkan apa yang terjadi pada saya . Namun angka 11 dan 4 adalah penting bagi saya , karena bulan Mei 2013 saya melakukan pameran tunggal dengan judul pameran blog dan  seni visual " Indonesianku Indonesiamu Indonesia untuk semua ". Pameran  ini memamerkan  karya seni saya berjumlah 44 potong . Karya-karya ini terbagi atas  empat bagian dengan masing-masing berisi 11 karya seni . Bagian pertama yaitu karya seni kawat yang  berjudul 11 satire hukum nasional. Bagian kedua adalah 11 lukisan yang memvisualisasikan puisi saya dipublikasikan di blog untuk " Indonesianku Indonesianmu Indonesia untuk semua " . Bagian ketiga adalah 11 foto perdamaian yaitu foto-foto yang saya ambil dari koleksi saya sendiri sebagai seorang fotografer. 11 foto yang dibuat dengan memberikan makna yang ditetapkan dalam kalimat untuk menjelaskan sifat masing-masing foto-foto ini .  Kesebelas foto perdamaian adalah bagian dari gerakan perdamaian online saya sebagai anggota organisasi mepeace untuk mendukung penyelesaian konflik Israel dan Palestina . Kalimat pada foto-foto itu ditulis dalam bahasa Inggris . Bagian keempat , yang terakhir adalah 11 karya poster yang berisi tulisan-tulisan naratif , dan kritik dilengkapi dengan foto-foto yang mencerminkan topik diskusi dibahas dan dipublikasikan di blog yang sama .


Saya ingin menghubungkan artikel ini dengan perjuangan saya lebih besar yang telah saya lakukan sejak saya dipaksa untuk mengubah substansi penelitian PhD saya karena kejadian yang menakutkan saya hadapi.  Semuanya berawal ketika saya sedang melakukan penelitian PhD saya tentang dampak globalisasi bagi masyarakat di daerah pedesaan di Galela , Halmahera , North Maluccas . Penelitian PhD saya adalah kelanjutan dari pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam catatan kaki dari tesis saya . Saya menulis tesis untuk mendapatkan gelar master di bidang etika pembangunan yang berhubungan dengan nilai-nilai budaya masyarakat di Galela , Maluku Utara di mana masyarakat tidak dilibatkan dalam program pengembangan pembangunan dipelopori oleh konglomerat,  investor dari Jakarta . Orang-orang menjadi korban karena mereka kehilangan tanah mereka . Perlawanan dibentuk antara orang-orang untuk menolak untuk menjual tanah perkebunan kelapa yang menyebabkan tanah itu kemudian dikelilingi oleh perkebunan pisang yang dimiliki oleh perusahaan transnasional dengan tujuan ekspor ke Jepang . Pisang yang dihasilkan di Galela tetapi produk yang dijual dengan nama Bali Inn. Produksi dengan nama Galela tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan Bali , pulau para dewa , di mana wisatawan dari seluruh dunia mengenal keeksotismenya.

Tapi Galela kemudian menjadi sangat terkenal bukan karena produk pisang , tetapi digunakan sebagai nama yang tepat ketika kekerasan massal yang melibatkan komunitas Muslim dan Kristen terlibat saling menyerang dan membunuh. Media di Jawa menggambarkan kekerasan massal secara manipulatif untuk menarik perhatian Muslim di Indonesia karena ada komunitas Muslim bernama Galela yang dibantai oleh komunitas Kristen di daerah yang paling terpencil di bagian timur Indonesia . Saya tahu bahwa deskripsi yang diberikan oleh media sangat manipulatif karena kenyataannya tidak seperti itu ( Adeney Risakotta - : 2005). Tapi dengan cara penggambaran ini akan ada gerakan umat Islam di Indonesia untuk mendukung tim kemanusiaan yang dipimpin oleh Jihad ke  Maluku . Saya bersikeras tidak akan kembali ke daerah penelitian saya , di desa mayoritas Muslim , yaitu Ngidiho karena kehadiran saya akan membingungkan bagi mereka, baik yang Kristen, karena saya seorang Kristiani tetapi penelitian dan tinggal bersama komunitas Muslim.


Kemudian saya mendengar  tentang oom Din yang merupakan kepala keluarga dari tempat saya tinggal di Ngidiho disidangkan oleh Jihad karena mereka menuduh saya sebagai mata-mata sebelum kekerasan terjadi selama saya tinggal dengan keluarga tersebut . Syukurlah mereka bisa mendapatkan surat izin penelitian yang disimpan di kantor pemerintah daerah di Ternate ketika saya mengurus izin penelitian setelah tiba dari Belanda sebelum pergi ke Ngidiho , di Galela , Pulau Halmahera Utara , Maluku Utara. Oom Din akhirnya dilepaskan.

 Saya pergi pertama kali ke Ngidiho dengan suami saya . Kami diterima dengan baik oleh pemerintah desa dan keluarga Din di mana saya memilih untuk tinggal selama satu tahun penelitian . Kemudian kami berencana , suami saya akan kembali lagi dengan saya untuk merayakan Idul Fitri bersama-sama dengan saudara-saudara di Ngidiho . Pada tahun 1999 perayaan Natal dan Idul Fitri terjadi berdekatan satu sama lain . Idul Fitri dirayakan sebelum Natal . Tapi rencana ini tidak terjadi karena kita mendengar tentang adanya kekerasan massa antara Kristen dan Muslim di Utara Pulau Halmahera . Rencananya awalnya , setelah Idul Fitri dan Natal di Ngidiho , suami saya akan memberikan kuliah di STT GMIH sesuai dengan undangan dari mereka .

Tapi sebelum kita telah menyeberang dari Sulawesi Utara ke Ternate , berita konflik telah datang kepada kami . Suami saya masih ingin pergi ke sana terutama ke Tobelo sehingga bersama dengan gereja membantu menghentikan kekerasan di sana . Usahanya beberapa kali untuk mencari kapal  laut tidak berhasil . Sementara menunggu dan berusaha, pada leher suami saya tumbuh bisul . Kami pergi untuk memeriksa  rumah sakit di Manado yang kemudian merekomendasikan untuk penyelidikan lebih lanjut karena ada kecurigaan terkait dengan infeksi atau tumor . Akhirnya kami  kembali ke  Jawa, ke Kediri karena di sana ada dokter-dokter dari Amerika Serikat di Rumah Sakit Baptis, tetapi mereka mengusulkan kami ke Singapora karena laboratorium mereka tidak canggih.  Kami akhirnya ke Singapura . Mereka melakukan operasi untuk mengambil benjolan tapi sampai saat ini belum diketahui apa penyebabnya . Saya katakan kepada suami,  saya percaya benjolan tumbuh untuk mencegah dia dari keinginannya ke Halmahera pada waktu yang
tidak tepat.  

Jadi jika sekarang kami berdua kembali lagi dihadapkan dengan kecelakaan yang hampir merenggut nyawa, maka saya tahu ada rencana Allah untuk kita . Saya terutama masih melihat hubungan antara pekerjaan saya di Halmahera dengan gerakan keadilan dan perdamaian yang saya lakukan bersama sesama warganegara NKRI untuk menegakkan keadilan dan perdamaian di Papua . Halmahera Utara dan Papua merupakan daerah yang sangat subur dan berlimpah dengan pertambangan . Kerusuhan berakhir dengan kekerasan massal yang melibatkan orang-orang beragama dimulai melalui perdebatan tentang klaim teritorial yang melibatkan dua komunitas , penduduk asli , Kao dan imigran Makian . Makian pindah dari pulau Makian terletak dekat dengan pulau Ternate  ke pulau Halmahera di tanah masyarakat Kao, setelah gunung meletus.

Bencana konflik yang menyebar menempati kabupaten lain di sekitar Halmahera yang dibagi ke dalam komunitas Muslim dan Kristen , menyebabkan ribuan  orang meninggal . Perkebunan pisang tujuan eksport yang dibangun di Galela, menjadi kebanggaan pembangunan Indonesian timur mendatangkan perputaran uang setiap minggu lebih dari satu milyar Rupiah dan berbagai tenaga kerja dari seluruh Indonesia dan dunia akhirnya hancur berantakan akibat dari konflik massal di wilayah tersebut (Adeney-Risakotta, 2005).

Butuh waktu sekitar empat tahun lagi sebelum orang dari setiap desa bisa kembali ke tempatnya  semula. Perubahan terlihat pada perubahan masyarakat di dalam desa yang sebelumnya tinggal bersama di satu desa , baik Muslim maupun Kristen , sekarang lebih mungkin masing-masing komunitas agama  hidup terpisah dari satu sama lain . Sedangkan sebagian besar masyarakat adat di Halmahera Utara baik Muslim dan Kristen mempunyai hubungan darah.

Sejak itu, setelah saya menyelesaikan PhD dan mempertahankannya , saya berjanji untuk selalu bisa bekerja sama dengan orang-orang di akar rumput , mereka yang tidak memiliki kekuasaan dan mudah terpinggirkan . Saya memberikan sepuluh tahun untuk bekerja secara langsung terkait dengan upaya perdamaian antara Kristen dan Muslim di daerah konflik . Saya memfasilitasi anak-anak di sekitar area dengan di mana mereka tinggal di Yogyakarta . Mereka adalah anak-anak Muslim yang kemudian dapat membantu anak-anak Kristen dari daerah konflik di Galela disembuhkan dari trauma mereka . Anak-anak Kristen yang yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena konflik di Galela . Anak-anak ini dibawa ke Yogyakarta oleh sebuah yayasan yang peduli untuk mengirim anak-anak ke sekolah.


Ketika mereka tiba di Yogya , mereka selalu terkejut dan takut melihat wanita berkerudung karena mengingatkan mereka tentang kejadian di Desa Duma , Galela di , Halmahera yang menyebabkan orang tua mereka dibunuh oleh kaum Muslim. Jadi anak-anak ini setiap berpapasan dengan perempuan muslim berjilbab sering pingsan dan jatuh tak sadarkan diri diri di mana saja . Saya mendengar tentang cerita ini dan memutuskan untuk membawa anak-anak itu ke rumah saya. Saya menyopir mereka dari  rumah tempat mereka tinggal bersama-sama untuk dibawa ke rumah saya . Saya memainkan musik dan lagu yang saya rekam saat melakukan penelitian di Galela . Lagu-lagu rakyat diiringi tifa (drum) membuat mereka sangat senang . Mereka berkata : " Oh , itu lagu kami dari desa kami . " Kami menari bersama-sama .

Guru tari , mb Tina dan suaminya , Wawan yang sudah lama membantu saya terlibat bekerja dengan anak-anak yatim piatu ini.   Kami membuat program trauma healing untuk anak-anak . Selain menari , bercerita dan anak-anak menjelaskan  kisah mereka dalam bentuk lukisan . Kemudian anak-anak menceritakan arti dari lukisan mereka . Lukisan mereka banyak menggambarkan situasi perang . Mas Wawan kemudian menuntun mereka untuk memperkuat masing-masing lukisan yang terkait dengan pewarnaan dan komposisi . Kadang-kadang mereka datang untuk membersihkan kebun kami di mana saya akan membahas tentang bagaimana orang-orang mempersiapkan tanah untuk masa tanam dan panen di desa mereka.  Lalu saya memasak untuk mereka dan kami makan bersama-sama . Lain kali , mereka datang untuk menonton film bersama yang diikuti dengan diskusi . Mereka menjadi terlibat menciptakan tarian mereka sendiri dengan menggunakan musik dari desa mereka .


Setelah anak-anak ini semakin kuat, saya membawa mereka bertemu dengan anak-anak Muslim. Saya ingin mereka bisa menari bersama -sama . Anak-anak Muslim memiliki program terpisah pada hari yang berbeda. Mereka melakukan kegiatan juga di pendopo kami yang merupakan rumah terbuka untuk dipakai bersama.   Tapi apa yang paling mengejutkan saya adalah ini anak-anak Muslim bertanya apakah mereka bisa membawa hiasan dinding bertuliskan huruf Arab yang berarti  adalah sahada ( Tidak ada Tuhan selain Allah ).  Saya mengizinkan anak-anak Muslim untuk menempatkan di dinding saya ornamen bertulisan sahadat itu.  Sampai saat ini pada dinding timur dari pendopo  masih ada hiasan dinding terlihat dengan tulisan Arab . Saya menjelaskan kepada anak-anak Kristen tentang simbol Muslim dan menunjukkan kepada mereka tentang simbol Kristen yang ada di lantai dari pendopo yang berisi pertemuan dua baris untuk membentuk garis salib dan di tengah ada lingkaran yang menunjukkan mutiara sebagai hadiah yang berharga dari Tuhan untuk manusia . Tanda salib menandakan orang datang dari berbagai jurusan dan diikat dalam kasih sayang yang hangat dari Tuhan dengan sesama manusia , sebagai ciptaan Tuhan yang berharga . Anak-anak menerima satu sama lain dan mereka menari bersama-sama , merayakan kehidupan yang telah diperbaharui untuk memberikan bantuan kepada anak-anak Kristen . Ketika ada gempa di Yogyakarta , pada tahun 2006 , anak-anak ini , Muslim dan Kristen datang untuk mengunjungi anak-anak yang rumahnya hancur untuk menghibur keluarga mereka yang berada dalam masa kehilangan.  Sekarang anak-anak dari Duma sudah lulus dari sekolah di Yogyakarta dan kembali ke Galela , Halmahera di , Maluku Utara.


Dengan pemuda dari daerah-daerah konflik seperti Maluku dan Poso , yang bersekolah di Yogyakarta , saya mendorong mereka untuk memfasilitasi perdamaian . Orang-orang muda berkumpul di rumah kami untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun tidak bisa melihat satu sama lain karena trauma dari konflik di Maluku . Saya mengundang mereka untuk datang ke rumah kami untuk memulai pertemuan mereka . Kemudian kami melakukan beberapa diskusi terkait dengan topik tentang bagaimana untuk memahami asal-usul kesamaan dari dua komunitas , Muslim dan Kristen yang merupakan penduduk asli di Maluku . Setelah mereka menerima , dengan sebelumnya dilalui oleh kecurigaan masa lalu antara satu sama lain , mereka akhirnya bisa duduk dengan saya untuk memfasilitasi persiapan untuk dialog budaya Maluku .



Rumah kami setiap minggu itu dipenuhi oleh orang-orang muda yang kemudian membentuk panitia dan membahas program dialog budaya Maluku . Sambil terus mematangkan konsep dialog budaya Maluku, kegiatan dimulai dengan melibatkan orang-orang muda yang berkumpul untuk bernyanyi bersama , menari dan bercerita bersama-sama . Mereka diminta untuk menciptakan tari yang menunjukkan asal dari persaudaraan Muslim dan Kristen di Maluku . Tarian ini kemudian diberi nama "  tali pusar “ yang mencerminkan persaudaraan  dari dua komunitas , Muslim dan Kristen di Maluku " . Saya membuat video pendidikan yang berisi kisah-kisah tentang bagaimana orang-orang muda dapat berkumpul untuk mulai membangun perdamaian di antara mereka , dan kemudian dari sana dapat mencapai tokoh masyarakat , masyarakat adat di Maluku . Selama empat bulan , program ini disusun bersama-sama termasuk membuat tariannya . Saya menulis narasi tarian dan bersama-sama dengan pemuda-pemudi Maluku , tarian diciptakan untuk dipresentasikan pada acara  ritual satu bangsa di Istana Kesultanan Yogyakarta .

 

                                    Ritual Satu Bangsa dipresentasikan di Keraton Yogyakarta



Program ini dibagi menjadi empat tahap . Pertama , memperkuat orang-orang muda Maluku, Muslim dan Kristen adalah titik awal yang penting untuk membantu mereka datang kembali bersama selama pemisahan yang telah mereka alami. Kedua , orang-orang muda Maluku yang diberdayakan untuk mempersiapkan program perdamaian yang mengundang orang tua , tokoh adat , masyarakat agama di sekitar Yogyakarta dan kemudian dari Maluku untuk datang ke Yogyakarta menghadiri dialog budaya Maluku . Ketiga , memfasilitasi pemuda dalam pelaksanaan Dialog Budaya Maluku di Yogyakarta yang melibatkan Sultan Hamengkubuwono X , Gubernur Yogyakarta dan beberapa fasilitator nasional yang berfungsi untuk menjalankan program . Keempat, mendorong para pemimpin akar rumput dan pemerintah untuk melanjutkan upaya Dialog Budaya Maluku yang akan diikuti dengan melakukan praktek tradisi yang dilakukan antara Muslim dan Kristen di Maluku.  


 

 

Program ini akhirnya bisa diperluas  di seluruh provinsi Maluku . Program ini sangat berpengaruh pada upaya perdamaian dengan dua komunitas agama untuk menjaga “baku bae” sebagai bagian dari budaya dan adat istiadat dari Maluku . Keterlibatan pemerintah untuk menguatkan kembali dasar kekeluargaan  budaya di antara Muslim dan Kristen dilakukan pada saat perayaan hari kota Ambon pada bulan Agustus 2006 ketika semua masyarakat , baik Kristen dan Muslim yang terlibat dalam apa yang disebut " Panas pela " ( saling mengunjungi di antara keluarga yang diikat oleh  " pela " ) . Pela adalah sebutan untuk menggambarkan ikatan antara muslim dan kristen sebagai saudara kandung satu darah yang diwariskan dari generasi ke generasi  sekalipun keturunannya berkembang menjadi suatu desa. Pela ini juga terkait dengan anggota keluarga yang diangkat melalui adopsi sehingga terjadi persaudaraan seperti saudara kandung.  Persaudaran antara keluarga yang terkait pela karena adopsi berkembang menjadi persaudaran antara desa. 



Saya juga terlibat dalam menulis artikel yang diterbitkan di surat kabar Kompas terkait dengan argumen bahwa tuduhan keterlibatan RMS ( berdiri untuk Republik Maluku Selatan ) sebagai bagian dari fantasi yang sengaja tertanam di Maluku untuk menjadi alasan bagi militer dalam  menduduki Maluku . Artikel ini telah menenangkan kekerasan yang terjadi tiba-tiba pada Mei 2004 di daerah sekitarnya daerah  Pohon Lemon di Batu Gantung dan Tanah Lapang Kecil , di kota Ambon .

Berangkat dari pengalaman saya untuk melengkapi dengan kapasitas masyarakat sehingga bisa  menjaga perdamaian di kalangan  mereka sendiri serta upaya untuk menulis di koran sehingga orang biasa lainnya  dapat  memahami bagaimana orang pribadi atau kelompok yang dipimpin untuk terlibat dalam tindakan kekerasan massa , saya mencoba untuk melihat fenomena yang sama dalam kasus-kasus kekerasan di daerah-daerah lain di seluruh Indonesia . Memang benar , kejadian kekerasan di satu tempat tidak dapat digunakan untuk membenarkan ukuran etnografis tentang kekerasan di tempat lain .

Tapi saya ingin membangun sebuah argumen yang bahwa masyarakat biasa perlu mengerti tentang bagaimana dengan mudah mereka dianggap sebagai pokok konflik sosial , termasuk konflik berlatar belakang agama . Saya ingin melihat lebih jauh hubungan antara konflik sosial yang terjadi di berbagai tempat dengan upaya masyarakat untuk menghentikan perluasan konflik sosial . Pada saat yang sama , saya ingin tahu bagaimana konflik sosial dibangun di atas kepentingan mereka yang berkuasa terkait dengan kepentingan ekonomi dan eksplorasi sumber daya alam . Semua pikiran saya saya berbagi di blog saya terutama di " Indonesianku Indonesiamu Indonesia untuk semua , sehingga rakyat kecil tidak dimanipulasi lagi untuk kepentingan mereka yang berkuasa . Agama dapat dengan mudah menjadi penyebab konflik seperti yang saya temukan pada penggunaan selebaran surat kaleng yang menghubungkan kekristenan dengan upaya untuk merebut daerah-daerah tersembunyi di bagian Timur Indonesia . Saya ingin mencegah terjadinya kembali konflik besar dengan mengorbankan warga biasa dari daerah kaya sumber daya alam. Sudah cukup ribu orang tewas di Papua , Maluku , Poso di Sulawesi , di Kalimantan , di Sumatera , di mana-mana di mana kaya sumber daya alam .

Dalam garis pemikiran ini , saya sepertinya merasa bahwa pekerjaan Allah, Tuhan Yang Maha Tahu kepada saya belum selesai . Saya teringat Mazmur 139 yang tampaknya menjelaskan tentang kehidupan saya. Ia mengatakan:

... " Ke mana saya bisa pergi dari RohMu?  Ke mana saya bisa lari dari keberadaanMu ? Jika saya pergi ke langit , Engkau  berada di sana , Jika saya menaruh tempat tidur saya di alam maut, Engkau berada di sana , Jika saya terbang dengan sayap fajar , Jika saya menetap di sisi yang jauh dari laut , juga di sana tanganMu akan membimbing saya , tangan kanan-Mu memegang saya . .Jika saya mengatakan... Sesungguhnya kegelapan akan menyembunyikan saya dan cahaya menjadi malam di sekitar saya , bahkan kegelapan tidak akan gelap kepadaMu, malam akan bersinar seperti terang , untuk kegelapan adalah sebagai cahaya untukMu . Sebab Engkau telah menciptakan setiap bagian dari badan saya dengan rahasia saya bertumbuh , Engkau merajut saya bersama-sama dalam rahim ibu saya. Saya bersyukur kepada-Mu karena Engkau dahsyat dan ajaib ; karya-karya  yang indah  di catat dalam bukuMu, saya tahu bahwa sepenuhnya . .. . Bagi saya, betapa sulitnya pikiran -Mu, ya Allah ! Berapa besar jumlahnya! Apakah saya menghitungnya , mereka akan lebih banyak daripada butiran pasir , Ketika saya bangun , saya masih denganMu " .. ( ayat 7-17)



Saya pernah bertanya pada ibu saya , mengapa saya diberi nama seperti nenek . Nama lengkap saya adalah Farsijana Rohny Cootje . Ibu saya mengatakan dia begitu sakit setelah melahirkan sehingga tidak tahu tentang bagaimana nama saya . Nama semua anak-anaknya diberikan oleh ayah saya . Sebelum ayah saya meninggal , saya bertanya lagi tentang arti nama saya . Ketika saya masih remaja saya bertanya arti dari nama saya , tapi ayah tidak akan mengatakan , saya diminta untuk hidup dalam nama saya, begitu katanya. . Ketika saya masih di SMA, saya ingin tahu nama saya , nama yang kedengaranya tidak sedap ketika dipanggil karena setiap kali ibu saya  marah, dia  berteriak Far ... si ... ja ... na .. . Sehari-hari saya dipanggil " Nona " . Hanya di Yogyakarta , di sekolah saya dipanggil Farsijana . Saya jadi tidak suka nama itu, Farsijana . Tetapi pada sekolah di Yogyakarta setiap siswa harus menggunakan nama akte kelahirannya . Jadi saya tidak punya pilihan lain untuk tidak ingin tahu tentang nama saya sebelum saya mulai mengizinkan orang memanggil nama saya, Farsijana .

Ketika saya ingin memahami , ayah saya berkata saya harus hidup dengan itu . Huh , mengapa ayah mempermainkan saya. Jadi saya harus menunggu sejak kelas satu SMA di Yogyakarta sampai lulus  STT Jakarta . Suatu hari , seminggu sebelum ayah saya meninggal, saya tiba-tiba teringat nama saya , di sore hari , saya bertanya kepadanya .  Ia meminta kertas dan menuliskan artinya. Ia tidak bisa bicara karena stroke . Dia menulis tentang arti nama saya, Farsijana . Sebelumnya ia mengatakan saya telah hidup dalam nama saya. Farsijana berasal dari Fa karena saya lahir pada bulan Februari , dan sijana yang merupakan kata dari bahasa Sankrit yang berarti mencari pengetahuan. Fa dan sijana terikat dengan " r " yang berasal dari nama tengah saya , Rohny , tertulis dalam bahasa Arab yang berarti roh kudus ( ruah dalam bahasa Ibrani , roh dalam bahasa Arab ) . Nama ketiga saya adalah Cootje , adalah nama nenek saya yang melahirkan untuk ibu saya di pulau Serui , Papua . Jadi pengertian seluruhnya dari nama saya, Farsijana Rohny Cootje adalah anak yang lahir bulan Februari dipenuhi Roh Tuhan, mencari ilmu, membaginya dan merawat keluarga serta masyarakat.  Karena Cootje adalah nenek saya adalah seorang perawat  yang bersama dengan kakek bekerja di rumah sakit di Serui, Papua.

Semakin kuat dalam diri saya , tentang misi Allah bagi saya untuk menulis tentang apa yang saya kerjakan untuk perdamaian agama di Indonesia , juga untuk keadilan di Papua . Misi ini bukan misi saya , tapi itu adalah kehendak Allah . Saya tertidur dan terbangun dua kali untuk menemukan siku saya terkilir   dan sekarang saya harus menggunakan penjepit tubuh untuk melindungi tulang belakang T - 11 dan L – 4.  Saya tahu saya tidak mengerti banyak tentang rencana  Tuhan bagi saya , tapi saya mendengar dengan hati nurani saya yang mendalam tentang bagaimana Tuhan mengubah saya untuk mengikuti jalan Tuhan yang bukan kehendak saya sendiri . Tuhan mengizinkan saya tidak melakukan apa-apa kecuali menulis!

Saya bukan robot, untuk pergi bersama dengan apa yang diinginkan Tuhan , tapi saya diberi nama. Saya memiliki semangat dan hikmat Allah untuk menafsirkan tanda-tanda yang datang kepada saya dan benar-benar mengikuti saya karena kegelapan tidak gelap karena kepada Allah adalah siang dan malam dikelilingi oleh terang bersinar langsung dari Allah. Saya bersyukur sekarang saya sudah tahu apa yang Tuhan  masukan dalam pengertian saya, ke dalam diri saya untuk mulai bertindak dengan itikad karena Tuhan membimbing saya sendiri . Tuhan ingin keadilan untuk kebenaran terjadi untuk mengingatkan mereka yang berkuasa tidak adil kepada Tuhan dan bertobat dalam memanfaatkan masyarakat biasa seolah-olah mereka yang menyebabkan konflik sosial dan agama di dunia saat ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar