Translate

Minggu, 15 Desember 2013

Amapon J. Marey menulis "Pengalaman saya sebagai PNS di Papua Barat (West New Guinea)"





Tulisan ini diterjemahkan oleh Farsijana Adeney-Risakotta untuk tujuan diskusi pada forum Petisi Warganegara NKRI untuk Papua. Judul asli dari makalah yang ditulis oleh Amapon J. Marey adalah "My Experiences as a Civil Servant in West Papua (New Guinea)" diterjemahkan sebagai "Pengalaman saya sebagai PNS di Papua Barat (West Guinea)". Tulisan ini adalah salah satu makalah dari konferensi yang dilakukan dan dikoordiner oleh Dr. P.J Drooglever di The Hague tentang Act of Free Choice (PEPERA) di Papua, yang dilaksanakan di The Hague, Belanda.
Dokumen asli dalam bahasa Inggeris bisa diakses pada
http://www.historici.nl/Onderzoek/Projecten/DekolonisatieVanIndonesieEnHetZelfbeschikkingsrechtVanDePapoea/papers_pdf/marey


Pengalaman saya sebagai PNS
di Papua Barat ( New Guinea )
Amapon J. Marey


Keterlibatan Papua dalam pemerintahan
Sekolah pertama untuk Administrasi Publik di Kota Nica didirikan pada tahun 1944 oleh Komandan Administrasi Sipil Hindia Belanda ( NICA ) , Kapten Jan van Eechoud . Itu jatuh di bawah tanggung jawab Jenderal Douglas MacArthur dan diawasi oleh Letnan Jenderal RA Wheeler, Wakil Panglima Tertinggi Sekutu AL Moffit dari Departemen Luar Negeri , dan Senior Officer NICA ( SONICA ) , Kolonel Raden Abdulkadir Widjojoatmodjo . Pada saat itu , New Guinea merupakan bagian dari West Area Pasifik Selatan , zona perang yang dijalankan oleh Amerika Serikat . Ini menjelaskan mengapa begitu banyak orang Amerika berada di sekitar di bagian-bagian dunia . Di antara mereka adalah Kolonel Lyndon B. Johnson dan Angkatan Udara Petugas Richard Nixon . Letnan John Fitzgerald Kennedy telah diselamatkan tahun sebelumnya , pada tanggal 2 Agustus 1943 oleh Melanesia Kepulauan Solomon . Gun - boat nya PT 109 terkena torpedo selama malam oleh kapal perusak Jepang Amagiri.

Marcus dan Frans Kaisiepo , Lucas Rumkorem , Nicolaas Jouwe , Filemon Jufuway , Frans Djopari dan Agustus Matani adalah kalangan mahasiswa pertama dari Sekolah Administrasi Publik di Kota Nica . Mereka mengganti PNS Maluku . Upaya bersama yang dibuat di bawah Resident van Eechoud untuk mengembangkan wilayah itu . Kemudian , pada 1950-an , New Guinea secara administratif dibagi menjadi 6 divisi , 38 sub - divisi dan 72 kabupaten , masing-masing dipimpin oleh penduduk ( komisaris divisi ) , kepala sub - divisi ( Hoofd Plaatselijk Bestuur ) , dan bupati . Meskipun pejabat yang eksklusif Belanda sampai akhir , eselon yang lebih rendah semakin dikelola dengan PNS Papua terlatih .


Dasar dari masyarakat desa
Para pegawai negeri ini bertanggung jawab untuk merintis dan melaksanakan proyek-proyek pembangunan besar . Populasi dibujuk untuk melaksanakan  membangun desa dan membangun jalan dan lapangan terbang . Mereka melakukannya bekerja sama dengan kepala desa , kepala suku tradisional , pengkhotbah , misionaris dan guru . Sepanjang semua ini , PNS harus mengambil hukum tradisional, ' adat ' dari penduduk setempat , menjadi pertimbangan . Itu terutama terjadi dalam hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan tanah suku . Ini adalah tanah pusaka tradisional di Papua dan Melanesia yang harus diwariskan kepada generasi berikutnya . Mereka adalah gudang makanan , supermarket , masyarakat pedesaan .


Pengalaman saya sebagai pegawai negeri sipil di Papua Barat ( New Guinea )
Hubungan antara proses demokratisasi dan kemandirian


Pada dekade antara 1944 dan pengalihan New Guinea ke PBB pada tahun 1962 melihat pengenalan prinsip-prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan Papua Barat . Dengan demikian , pemerintah bisa menghubungkan dengan tradisi sudah tersedia di Papua dan semua Melanesia . Konsultasi suku-suku umumnya dikenal . Esensinya adalah bahwa seorang kepala suku atau “matai” tidak pernah memutuskan sendiri. Di  Biak sidang pertama Dewan Daerah, Kankain Karkara Biak , didirikan pada tahun 1948 . Dalam tahun kemudian , dewan penasihat yang didirikan di kota-kota Hollandia , Biak , Fakfak dan Merauke .


The Dewan Regional
Dewan Daerah modern pertama di Biak dan Numfor dan didirikan pada tanggal 24 Juni 1959. Kawasan itu dibagi menjadi distrik pemungutan suara , yang memilih wakil-wakil mereka melalui sistem pemilihan langsung . Baik pria maupun wanita memiliki hak pilih . Kemoderan Dewan ini terlihat secara administratif  karena  memiliki anggaran sendiri dan mengurus pembangunan daerah . Segera setelah itu , beberapa lima pusat regional lainnya mendapat dewan regional mereka juga.


Dewn Papua Baru
Prinsip dari Dewan New Guinea telah ditetapkan dalam Peraturan Administratif New Guinea yang diperoleh kekuatan hukum pada tanggal 29 Desember 1949. Namun , persiapan nyata baru dimulai pada tahun 1960 , pada saat potensi administrasi yang cukup tersedia . Papua Barat dibagi menjadi konstituen . Setiap pemilih mengajukan calon sendiri . Ini terpilih melalui sistem campuran nominasi , pemungutan suara langsung dan pemilihan langsung . Yang terakhir ini berlangsung di beberapa kota-kota besar . Di sini " one man one vote " sistem bisa diterapkan , dengan hak pilih aktif dan pasif untuk pria dan wanita . Di tempat ini , kampanye pemilu nyata yang terorganisir , bersama-sama dengan tanduk , spanduk , bendera dan poster . Itu adalah acara besar ketika pada tanggal 5 April 1961 New Guinea Dewan 28 anggota diresmikan . Wakil Menteri Theo Bot dan anggota parlemen Belanda yang hadir . Di antara tamu kehormatan adalah perwakilan dari pemerintah dan anggota parlemen dari negara-negara Pasifik sekitarnya . Papua Barat kemudian memiliki parlemen sendiri , dengan kekuatan lebih dari yang diharapkan . Ini benar-benar melampaui orang-orang dari Dewan Legislatif ( Legco ) di Port Moresby. In Oktober 1961, dalam semua kebebasan dan atas inisiatif sendiri , pemimpin Papua terkemuka dan kepala suku berkumpul di Hollandia dan membentuk Komite Nasional . Dari banyak desain yang berbeda yang diajukan untuk bendera , satu per Nicolaas Jouwe terpilih . Lagu terkenal ' Hai Tanahku Papua ' diterima sebagai lagu kebangsaan . Setelah disetujui oleh Dewan New Guinea dan Parlemen Belanda , simbol-simbol ini adalah al97


Pada tanggal 1 Desember 1961 , di samping merah, putih dan biru bendera nasional dan lagu kebangsaan Belanda, Wilhelmus.Surinam dan Antillen Belanda sudah memiliki bendera sendiri . Sekarang Papua Barat memiliki bendera sendiri juga. Ini bukan tanda kolonialisme tetapi demokrasi yang matang !


New Guinea dalam Konferensi Pasifik Selatan
Setelah perbudakan di tahun-tahun sebelum Perang Dunia Pertama , kolonialisme juga harus dihapuskan setelah Perang Dunia Kedua . Semua negara terjajah dan masyarakat adalah untuk menjadi mandiri . Prinsip ini ditetapkan dalam Deklarasi mengenai pemerintahan tersendiri dalam teritori sendiri seperti disebutkan dalam Resolusi Dekolonisasi 1514 dari Desember 1960. Di dalamnya , ada perbedaan yang dibuat antara negara-negara di bawah Perwaliamanatan dan negara-negara di bawah rule. On kolonial langsung tingkat yang lebih sederhana , pekerjaan persiapan telah dilakukan dari tahun 1946 dan seterusnya di Konferensi Pacific Selatan . Dalam pertemuan rutin , perwakilan dari Australia , Inggris , Perancis, Belanda , Selandia Baru dan Amerika Serikat membahas kebijakan administratif di wilayah mereka sendiri dan kemungkinan kerjasama . Pemerintah yang terlibat dilaporkan kepada PBB setiap tahunnya . Hasilnya adalah kerjasama berbuah di bidang ekonomi , kesehatan , sosial, dan budaya di negara-negara di bawah kepercayaan mereka . Untuk penduduk Papua Barat itu adalah sumber keyakinan dan harapan untuk masa depan . Itu adalah kerjasama yang erat antara Australia dan Belanda khususnya yang penting bagi warga Papua dari kedua bagian . Setelah semua , penduduk kedua wilayah memiliki banyak kesamaan , dan satu bahkan mungkin bertanya apakah batas nasional yang pernah ada antara orang yang satu ini . Jawabannya adalah tidak .

Seperti halnya dengan banyak orang Papua lainnya , saya juga berpartisipasi aktif dalam pekerjaan Konferensi Pacific Selatan . Saya terlibat dalam Kebijakan Pemuda Konferensi . Dan sebagai reporter untuk Pengantara mingguan dan bulanan Triton , saya juga menghadiri pertemuan olahraga tahunan antara sekolah menengah dari Wewak ( PNG ) dan Hollandia . Delegasi dari pemimpin Papua pergi bolak-balik antara Port Moresby dan Hollandia . Mereka membahas penggabungan kedua bagian di sebuah negara yang merdeka dan dalam kombinasi dengan pulau-pulau lainnya di Federasi Melanesia .
Pada sebuah perjalanan resmi dengan Wakil Menteri Bot.
Pada bulan Januari 1962, salah satu kunjungan terakhir kami peringkat tertinggi terpilih dari Den Haag , Wakil Menteri Bot , berlangsung . Untuk orang Papua pada umumnya , dan bagi saya pribadi , dia adalah sosok ayah yang sangat ramah dan penuh perhatian . Untuk PNS dia adalah orang yang tegas . Gubernur Platteel meminta saya untuk bergabung dengannya sebagai penasihat dan penerjemah. Bersama dengan sekretaris resmi Bot ini
98 Pengalaman saya sebagai pegawai negeri sipil di Papua Barat ( New Guinea )
Degens , kami melakukan perjalanan ke banyak pusat-pusat pemerintahan mungkin. Tugas kita adalah untuk menjelaskan kebijakan Belanda kepada rakyat Papua .


Dalam pelayanan administrasi UNTEA .
Pada tanggal 15 Agustus 1962, saya tiba di Hollandia di papan pesawat Cessna dari Nabire , ibukota wilayah ibu saya . Dari radio kapal pesan datang bahwa perjanjian telah ditandatangani di New York . Setelah saya tiba di bandara Sentani , aula keberangkatan itu penuh sesak dengan keluarga Belanda yang sedang bersiap pergi . Saya melihat adegan menyedihkan dari keluarga dan teman-teman Papua mengucapkan selamat tinggal . Sesampainya di pantai , adegan yang sama terjadi di dermaga pelabuhan Hollandia . Di Kantor Residen saya dipercayakan dengan menangani tugas-tugas imigrasi , seperti membagi-bagikan visa . Para pegawai negeri sipil Indonesia pertama dituangkan ke negara itu . Untuk setiap kepergian Belanda , lima orang Indonesia masuk . Mereka datang dari negara ekonomi lemah dan menerima UNTEA - gaji dengan Guilders (mata uang Belanda).

Barang-barang New Guine, perabot rumah tangga dan harta benda milik penduduk telah dihapus di bawah ancaman , penganiayaan dan pembunuhan di bawah motto : barang kolonial harus pergi ! Tempat tidur dan peralatan medis milik rumah sakit modern di Dock II menghilang ke dalam memegang puluhan kapal berkarat yang ditambatkan di dermaga . Pada protes orang dianiaya dan dibunuh . Selama pertemuan administrasi UNTEA dan majelis dilarang . Itu diterapkan pada pertemuan Dewan Daerah dan Dewan New Guinea juga. Tidak ada kebebasan pers . Penduduk Papua , yang bekerja keras dan hidup bersama dengan Belanda dalam damai dan harmoni , benar-benar terkejut dan diintimidasi oleh praktik " pembebas " .

Selama masa pemerintahan UNTEA pasukan Pakistan dengan senjata kayu mereka terbukti menjadi tidak mampu melindungi penduduk . Tapi ini tidak disebutkan dalam laporan UNTEA kepada PBB . Namun , meskipun ini, Sekretaris Jenderal U Thant tampaknya puas dengan mereka . Ternyata , laporan tersebut disusun seperti yang diinginkan . Dia juga seharusnya menginginkan masa UNTEA administrasi untuk dipersingkat per 1 Januari 1963, bukan 1 Mei.

Sampai saat itu kita sudah berpengalaman warga Belanda sangat mampu dan administrasi dan pelayanan sipil sepenuhnya berbahasa Belanda . Sekarang hal-hal berubah , yang menyebabkan banyak kesalahpahaman . PBB - administrator tidak tahu bahasa Belanda dan , kecuali Komisaris Divisional yang bisa berbicara Melayu, seorang Inggris bernama Gordon Carter. Lainnya tidak ada baik . Kualitas mereka rendah. Dengan beberapa pengecualian , seperti Selandia Baru Johnson di Biak dan orang Inggris Cameron di Fakfak , mereka hanya tidak layak dipakai dengan penduduk.

Kami seharusnya diberitahu tentang Persetujuan New York dan Pemilihan Bebas (Act of Free Choice) . Namun, Komisaris Divisional, Marey tidak memiliki kontak dengan populasi apapun . Beberapa memeriksa persediaan makanan sementara yang lain mengisi lemari es mereka dengan wiski . Banyak tidur siang berlangsung selama jam kerja .

Oleh karena itu dimengerti bahwa penduduk Papua benar-benar skeptis tentang pemerintahan UNTEA . Kita menyaksikan fakta bahwa Gubernur tidak Djalal Abdoh maupun Komisaris Divisional yang efektif bertanggung jawab atas Papua Barat setelah tanggal 1 Januari 1963. Secara administratif , UNTEA adalah gagal total ! Pada PBB selama presentasi Laporan Ortiz Sanz sampai dengan tahun 1969.

Pada saat  Act of Free Choice  (PAPERA) , yang berlangsung dari tanggal 14 Juli sampai 2 Agustus 1969 , yang 1.026 orang telah memilih atas nama semua orang Papua untuk berintegrasi dengan Indonesia . Ini telah terjadi di hadapan Mr Ortiz Sanz , perwakilan PBB . Dengan Act of Free Choice dicapai , tugasnya hanya tersisa adalah untuk melaporkan kepada Majelis Umum pada bulan September 1969 .

Bagi kami , orang Papua , itu adalah kesempatan terakhir untuk memiliki suara kami didengar . Delegasi Papua yang dipimpin oleh Nicolaas Jouwe dan Marcus Kaisiepo pergi ke New York . Kami berharap untuk diskusi wajar tentang peristiwa meragukan , dan bahkan orang-orang Papua akan mendapatkan kesempatan baru untuk pemungutan suara yang  jujur. Kami bukan satu-satunya orang yang tidak puas dengan cara di mana Indonesia dan PBB telah menangani masalah ini . Banyak negara-negara Afrika , Amerika Selatan , dan Skandinavia serta Perancis memiliki keraguan mereka tentang proses dan hasilnya. Tetapi, kami sangat terkejut dan takut ketika kami mengamati begitu banyak praktek maffia diplomatik di PBB . Dalam resolusi selama proses berurusan dengan Laporan Ortiz Sanz - pada Rabu 19 November 1969 dalam Majelis Umum , Dr Richard Akwei , Wakil Ketua PBB dan Duta Besar Ghana , diminta untuk memberikan kesempatan bagi orang Papua melakukan pemungutan suara pada tahun 1975.

Sayangnya , resolusi itu ditolak . Dengan itu , orang-orang Papua yang didorong kembali ke awal abad ke-20 . Kami , yang menyaksikan penyelesaian Laporan Ortiz Sanz - , dipaksa untuk menghabiskan sisa hidup kita di diaspora .


Kesimpulan
Pada awal pidato saya, saya telah menunjukkan bahwa pada tahun 1944 pimpinan Amerika terlibat dalam pembentukan pemimpin Papua . Namun , dalam beberapa tahun kemudian adalah bahwa kepemimpinan yang sama di bawah Presiden Kennedy , yang ditukar jauh dari cita-cita Amerika tentang kebebasan dan demokrasi seperti terlihat pada pengalaman Papua. Setelah itu , Belanda , yang dipimpin oleh Luns dan Udink , melalaikan dari bab penting dari perjanjian internasional yang telah dibuat tanpa Papua . Penentuan nasib sendiri telah jelas kehilangan relevansinya . Akhirnya , Sekretaris Jenderal PBB U Thant dan administrator nya yang bertanggung jawab atas kegagalan administrasi UNTEA dan untuk gelombang pertama perlakuan tidak manusiawi dan anti - demokrasi terhadap  masyarakat Papua .


Pengalaman saya sebagai pegawai negeri sipil di Papua Barat ( New Guinea )
Sebagai pegawai negeri sipil dari pemerintahan Belanda kami mengajar orang-orang primitif untuk mengakhiri perang suku mereka , mempercayai amberis dan orang kulit putih . Kami mendorong mereka untuk mengambil bagian dalam dunia modern . Jadi mereka telah terbiasa dengan sistem demokrasi sejak 1950-an . Satu-satunya hasil adalah bahwa kita telah menyebabkan penderitaan berkepanjangan mereka . Namun, proses demokratisasi di Indonesia menawarkan kesempatan untuk dialog damai antara rakyat Papua dan Indonesia.  Saya yakin bahwa Indonesia yang demokratis akan mengenali martabat orang Papua dan menawarkan mereka kesempatan untuk masuk ke dalam masa depan yang baru bersama-sama dengan orang Papua.







 
 
 
 
 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar