Translate

Kamis, 26 Juli 2012

Mengenal Napoleon, Sang Ratu Bawah Air

Mengenal Napoleon, Sang Ratu Bawah Air

Oleh Farsijana Adeney-Risakotta


Saya senang punya waktu sedikit menelusuri kembali kenangan indah tentang Napoleon. Di Bunaken, dan di pulau Lihaga, di kabupaten Likupang, Sulawesi Utara, di sana untuk pertama kalinya saya berkenalan dengan Napoleon.


Saya sebut Napoleon, sang ratu bawah air. Nama Napoleon adalah nama seorang aristrokrat Perancis yang terkenal. Raja Napoleon yang menguasai dataran Eropa di abad ke-19. Dalam sejarah, cara berpakaian Napoleon terkesan modis, serupa pejuang perempuan.


Mungkin karena gambaran kombinasi kekuatan, keindahan dan keperkasaan yang ada pada Napoleon, sehingga nama itu diberikan kepada ikan.


Di bawah laut, ketika snorkling, gerak gerik lembut Napoleon sudah menarik hati saya. Membekas ingatan saya untuk Napoleon yang anggun.

Kemarin saya menulis puisi berjudul "Mengabadikan Cinta Anakku di bulan Ramadan", dengan lebel puisi Farsijana untuk anandhi 2012.

Saya bangun tadi pagi dengan keinginan kuat melihat lagi Napoleon. Kenangannya, gerak tubuh dan pandangan matanya membekas dalam diri saya sesudah 12 tahun lalu saling bersisian di bawah laut.

Syukur informasi dari Wikipedia membantu menjawab kerinduan saya ini. Jadi saya memutuskan menulis link tentang Napoleon dalam blog saya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_Napoleon

Bersamaan dengan pencarian saya tentang Napoleon, saya membaca berita tentang polisi menangkap penampung Napoleon.

Saya mengikutkan berita tsb dalam blog ini.

http://www.tribunnews.com/2012/07/23/satpol-pp-dan-tni-gerebek-penampungan-ikan-napoleon

Harapannya analisis tentang Napoleon bisa diteruskan oleh anandhi, ananda Andhi, nama yang saya berikan kepada Rinto Andhi Suncoko,  pejuang konservasi alam, seorang muda yang peduli membangun Indonesia dengan keragaman konservasi biodiversitas lautnya.

Kepadanya, tulisan ini saya dedikasinya untuk bisa diteruskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar