Translate

Minggu, 31 Maret 2013

Mop Papua untuk 1 April




Petisi Warganegara NKRI untuk Papua dalam Morning News (1 April 2013)
Mop Papua untuk 1 April

Oleh Farsijana Adeney-Risakotta

1 April dikenal sebagai April Mop. Dalam bahasa Inggeris, April Mop disebut April Fools’ Day. Pada 1 April, menurut tradisi April Mop, seseorang bisa mengarang berita heboh yang tidak berdasar, tidak ada kebenarannya. Cerita-cerita menghebohkan bahkan pernah menjadikan suatu masyarakat kacau balau ketika berita April Mop tersebar. Misalkan April Mop tentang 1 April 1946, Gempa bumi dan tsunami di Hawaii. April Mop ini menyebabkan banyak orang tua terjebak ketika berusaha melarikan diri.

Pagi ini, April Mop ditampilkan beda terutama karena ada banyak Mop Papua yang benar-benar membuat pembaca/penonton tertawa. Bisakah lelucun dilahirkan dari suatu MOP yang sebenarnya punya dasar kebenaran dari tindakan melucu?  MOP Papua menunjukkan pemahaman yang benar, bahwa hak untuk tertawa adalah bagian yang benar, berdasar, dilindungi oleh hak-hak azasi manusia. Istilah MOP dipilih dengan makna sejajar untuk menjelaskan lelucon yang segar, kocak, dan gokil.

Ternyata orang asli Papua bisa melucu. Melucu memerlukan imajinasi eeh maksudnya tidak perlu imajinasi. Ketika orang Papua berimajinasi,  ada pesan yang dikirim ke mana-mana, bahwa hidup yang murni harus selalu dipelihari dalam diri seseorang.  Hidup yang tulus dan polos memang bukan suatu imajinasi tetapi suatu realitas yang bisa membuat orang lain merasa, mengalami.  Juga ketika sekarang sahabat-sahabat sewarganegara NKRI dibuat tertawa sampai lupa diri. Kepolosan hati orang Papua menjadi modal utama untuk mendorong pemerintah RI memfasilitasi dialog damai yang diinginkan sangat mendalam oleh warga masyarakat Papua.

Menikmati Mop Papua di 1 April berarti melihat ketulusan dan kepolosan hati basudara Papua, sehingga warganegara NKRI bisa secara bersama mengingatkan pemerintah RI tentang tanggungjawabnya untuk menegakkan keadilan, kesejahteraan dan perdamaian di tanah Papua.

Selamat menikmati Mop Papua.

Klasifikasi Mop Papua dari urutan terbanyak membuat perut tergocak!

  1. Mop Papua  ~ Full Edisi 2012

  1. Mop Papau Epen 2: Kasih 1000

  1. Mop Epen 3 Tanya Motor

  1. Mop Epen 3 Obat Penurun Panas    http://www.youtube.com/watch?v=3duck3_M6QVw





Tidak ada komentar:

Posting Komentar