Translate

Selasa, 12 Maret 2013

Presiden SBY didorong menyelesaikan krisis lokal, krisis Papua yang berdampak internasional


Petisi Warganegara NKRI untuk Papua dalam Morning News (13 Maret 2013)

“Presiden SBY didorong menyelesaikan krisis lokal,  krisis Papua yang berdampak internasional”

Oleh Farsijana Adeney-Risakotta

Selamat pagi sahabat-sahabat Petisi Warganegara NKRI untuk Papua. Morning News mengangkat satu tulisan dari Saleh Partaonan Daulay, Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah.  Tulisan ini aslinya dipublikasikan di Republika Co.Id, pada tanggal 2 Maret 2013. Saleh Partaonan Daulay berargumentasi bahwa penelantaran penyelesaian isu Papua harus diselesaikan segera oleh pemerintah SBY.  Pembiaran krisis Papua akan mengancam posisi Indonesia dalam forum-forum Internasional. 

Daulay mensinyalir  kembali posisi negara Senegal dalam melihat persoalan Papua, yang juga sudah diketahui oleh presiden SBY, ternyata sangat mengejutkan karena seperti yang dikatakan oleh presiden Senegal kepada Benny Wenda, salah seorang aktivis Pro-Papua Merdeka, “West Papua is now an issue for all black Africans” (Papua Barat sekarang menjadi suatu isu untuk semua Afrika Hitam). Ditakutkan bahwa Senegal akan berperan membawa isu Papua ke PBB karena secara historis kekuatan solidaras Afrika telah menghasilkan banyak diplomasi di PBB.

Memperhatikan posisi Indonesia yang belum membangun koalisi dengan negara-negara lain dalam isu Papua, Daulay mendorong pemerintah SBY untuk segera membangun loby internasional sekaligus menekankan pendekatan kemanusian dalam mengatasi tekanan disintegrasi di tengah-tengah warganegara NKRI di Papua. Pendekatan militerisme tidak akan menolong posisi Indonesia dalam menjelaskan upaya politik NKRI menyelesaikan krisis Papua.  

Petisi Warganegara NKRI untuk Papua, mendukung himbauan dari Saleh Partaonan Daulay supaya presiden SBY memberikan perhatian kepada masalah-masalah dalam negeri yang berdampak secara internasional. Marilah sahabat2 Petisi Warganegara NKRI untuk Papua mendorong pemerintah SBY tidak melupakan penyelesaian krisis Papua. Salam amalulukee.
Artikel selengkapnya berjudul  "Papua di tengah Hiruk Pikuk Politik Nasional" bisa diakses di link
http://republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/13/03/02/mj1hgp-papua-di-tengah-hiruk-pikuk-politik-nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar