Translate

Rabu, 22 Agustus 2012

Memposisikan metamorfose


Memposisikan metamorfose
Oleh Farsijana Adeney-Risakotta

 

Sudah saya lepaskan pesona
Merayakan kata-kata
Mekultuskan tindakan
Mengumumkan peran diri
Masihkah diri tersisa dalam jejak sejarah?

 
Begitu jelas kata-kata

Membentuk dalam diri
Mendialogkan temuan fenomena
Harus saya jelaskan menggunakan kalimat
Bisakah dilakukan dengan menyisakan dalam jejak sejarah?

 

Itulah alasan saya menulis puisi
Membiarkan kata dalam kalimat tak terselesaikan
Meluaskan tafsir
Mengkayakan makna
Masihkah juga membekaskan jejaknya dalam sejarah?

 
Dalam bahasa pengalaman diaktualisasikan

Kata cinta menjadi bermakna dalam tindakan
Perilaku mengekspresikan pendalaman nilai
Rekaman panutan sosial
Membiarlah ukiran jejak bersama  dalam sejarah diri?

 
Pencarian makna menggairahkan daya hidup

Sudah saya meresapi kata dalam puisi
Yang menggelorakan imajinasi
Tanpa menuding tanpa memuji
Biarkan saja kata mengembalikan dirinya dalam jejak sejarah!
 
 
Saya mengendalikan kata
Saya mengemudikan kalimat
Saya menyusun bahasa
Menuangkan keluar tegangan jiwa dari pikiran
Sudahkah saya mengerti sendiri hasil tuturannya dalam jejak sejarah?
 

Haruskah saya jujur
Merindukan tuturan melebih tasfir yang datang sesudah kalimat
Saya memposisikan metamorfose
Berulang sudah tuturan melintasi bentuk
Ingin saya mengembalikan keutuhan pengertian dalam jejak sejarah
 

Saya menuliskan sekarang dalam kata puisi
Dari sublimasi bahasa prosa
Menyederhanakan menyungging inti ide
Mengundang metaformase
Mengembalikan daya kekuatan tuturan dalam jejak sejarah
 

Kendali kata dalam kalimat
Seperti kebinalan tuturan disetir etika
Bisakah saya melepaskannya
Hanya menulis untuk hidup
Membiarlah saya bertutur lagi lebih panjang dari kata puisi!

 
Saya memohon

Saya mengemis mengembalikan daya magis
Menggabungkan keajaiban mistik kata dan kelogiskan tuturan
Menaburkan makna hidup
Melepaskan bahasa menjadi keindahan yang layak dihidupkan
 

Metamorfose
Sekali lagi saya menginginkannya
Mewadahi diri dengan kelengkapan kata
Dimulai dari penyamaran ide
Semakin jelas keluar dari kekaburan kalimat
Saya sudah tahu ke sana arahnya tuturan

 
Metamorfose

Memposisikan metamorfose
Metamorfose
Mendudukan kata dalam wadah supaya menyejarah
Serupa diri saya menyejarah

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar