Translate

Jumat, 01 Juni 2012

67 ayat-ayat Permenungan Pancasila: Merayakan Hari Lahir Pancasila Bersama Warga Facebook


67 ayat-ayat permenungan Pancasila. Merayakan Hari Kelahiran Pancasila Bersama Warga Facebook
Oleh Farsijana Adeney-Risakotta

Pengantar:

“Kuat karena bersatu, Bersatu karena kuat ”, adalah kata-kata  Soekarno yang dikumpulkan bersama dengan gambar uang Seratus Rupiah berwajah Soekarno. Gambar dan cuplikan tulisan ini diambil ketika saya mengunjungi Soekarno Center di Tampak Siring Bali pada bulan Januari 2012 lalu. Cuplikan kata-kata Soekarno di atas yang memberikan inspirasi kepada saya untuk merenungkan 67 ayat-ayat permenungan Pancasila.

Kelahiran Pancasila terkait dengan pidato Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Pancasila sudah teruji sejak saat kelahirannya sampai pemerintahan Orde Baru yang diikuti dengan kejatuhan Soeharto melalui kebangkitan Reformasi.  Paska Reformasi, kehidupan berbangsa dan bernegara masih belum mengembalikan Pancasila sebagai dasar negara yang menginspirasikan kehidupan bersama.

Jadi kemarin saya secara spontan merayakan Pancasila dengan cara berbagi permenungan kepada teman-teman dan saudara/i dalam jaringan Facebook saya yang hampir 2000 orang.  

Kelahiran ayat-ayat permenungan ini satu persatu di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam. Ketika saya sedang mempersiapkan makanan di dapur satu ayat ditulis pada status Facebook saya. Saya akan menghidupkan mobil, satu ayat dikirimkan dulu ke status saya. Keluar dari rumah, di jalan saya berhenti beberapa kali menuliskan status, satu dua tiga ayat baru terbentuk. Di beberapa tempat saya berhenti dan berkantor saya menulis mengirimkan ayat-ayat  ke status Facebook.

Jumlah kata-katanya harus disesuaikan dengan kapasitas  huruf di status Facebook. Saya mengirimkan melalui Tablet Samsung tanpa bisa menanggapi segera tanggapan dari mereka yang memberikan jempol dan komentar. Ayat-ayat ini terus mengalir sejak pagi hingga menjelang sore ketika saya pulang rumah. Kembali ke dapur, sambil makan, di sana ada dua PRT,  adik saya,dan ibunda, kami tertawa-tawa ketika saya merangkaikan kata-kata membentuk ayat-ayat baru. 

Kelahiran Pancasila tahun ini dirayakan dengan sangat khusus. Sayang saya terlalu capek sehingga tidak bisa tirakatan pada hari kelahiran ini. Saya tertidur sampai pagi hari terbangun dengan gonggongan suara anjing tersayang. Kemudian sesudah berdoa dan membaca Firman, saya mengunjungi warga Facebook. 

Saya senang membaca semua komentar dan lihat jempol-jempol dari teman-teman. Ada yang meminta untuk saya mengirimkan 67 ayat-ayat permenungan Pancasila. Jadi sesudah saya jogging, saya mulai menulis tulisan ini. Siap segera dikirimkan kepada semua untuk bisa meneruskan permenungannya sendiri. Terima kasih Pancasilaku!

Ayat-ayat permenungannya tertulis terbentang di bawah ini: 

     1.    Pancasila means unity to live in justice, equality and peace…
          happy Pancasila day  (13 jempol)
  1. Pancasila bukan berarti pretelin negara menjadi pecah-pecahan untuk kepentingan kekuasaan sepihak (7 jempol), (1 komen)
  2. Pancasila berarti mohon maaf dan ubah kebijakan yang mengeksploitasi tanah bumi rakyat atas nama pembangunan (5 jempol) (3 komen)
  3. Pancasila adalah nilai dan praktek kehidupan yang dibela dilakukan dengan cinta kasih bukan karena kekerasan berdasar dominasi dalam relasi berbangsa (5 jempol) (1 komen).
  4. Pancasila adalah menyapa assalamalaikum kepada mereka yang berbeda dengan kita karena keselamatan perlindungan kesejahteraan diberikan negara kepada semua (11 jempol)
  5. Pancasila adalah bersemangat melakukan paling sedikit kebaikan sekali sehari untuk semua yang bernyawa dan tidak sebagai makhluk ciptaan Sang Pencipta (3 jempol)
  6. Pancasila berarti mberi kesempatan kepada sesama warganegara bernapas bebas dari rasa terancam dipunahkan melalui politik kemanusiaan yang nampak agung beragama (1 jempol) (1 komen)
  7. Pancasila berarti memberikan hak yang menjadi kepunyaan asazi setiap orang sebagai warga bumi semesta dan menjalankan kewajiban yang disepakati dg komitmen penuh (4 jempol) (1 komen)
  8. Pancasila adalah menarasikan praktek tradisi dalam semangat kehidupan yang terus bergulir, menggairahkan, menginspirasikan diri sendiri dan sesama (2 jempol)
  9. Pancasila menyebabkan hatiku bersyukur mempunyai tanah air yang memungkinkan keindahan budaya dihargai sebagai bagian dari warisan peradaban bersama (2 jempol) (1 komen)
  10. Pancasila berarti meyakinkan setiap warga tentang dirinya sbg penjaga NKRI, bukan karena otoritas keruangan dan kebenaran yang diklaimnya tetapi demi “hidup” (3 jempol)
  11. Pancasila seperti lima indra diberikan Sang Pencipta supaya manusia sempurna dalam laku likunya (6 jempol)
  12. Pancasila terlahir dari rahim Indonesia harusnya bisa diusulkan kpd Unesco sebagai world heritage kecuali negara dgn sengaja menciptakan para militer contoh FPI (3 jempol)
  13. Pancasila bukan barang kuno untuk dibuang ke sungai Winongo tempat kesialan karena sekarang warganya sudah membuatnya sebagai rumah alam untuk semua yg hidup (1 jempol)
  14. Pancasila adalah identitas manusia Indonesia kebanggaan bayi2 anak2 pemuda2 dewasa2 dan lansia2 (2 jempol)
  15. Pancasila siapakah yang punya?...ialah rasa sayang eeh..buah hati beta...kulo tresno kalian panjenengan..(4 jempol)
  16. Pancasila membuat diriku tersenyum sepanjang hari karena engkau dirayakan hari ini…dengan caraku yang unik..menulis ungkapan hati berbagi kepada semua (9 jempol)
  17. Pancasila seperti darah yang dibutuhkan oleh tubuh politik dalam keluarga bangsa Indonesia (2 jempol)
  18. Pancasila hidup di antara nilai dan tindakan apabila hanya buah bibir maka hidup kehilangan arah (2 jempol)
  19. Pancasila pada tingkat praktek adalah ritual yang mengandung komitmen yang selalu harus dirayakan sejak masa lalu, kini, masa depan dan selama-lamanya.. (8 jempol) (1 komen)
  20. Pancasila menghadirkan dirimu ke mana-mana diriku bergerak hari ini..kupandangi muka2 yang lain, berpacu dalam waktu memakmurkan Indonesia untuk semua (2 jempol)
  21. Pancasila: siapa bilang sedang diuji di luarnegeri? Ujiannya bukan tentang penalaran tetapi melakukan dalam hidup sehari hari (6 jempol) (1 komen)
  22. Pancasila bukan agama melainkan mata air yang terpancar keluar dari berbagai tradisi kehidupan yang meluaskan manusia menjadi makhluk religious (11 jempol)
  23. Pancasila menurut remaja adalah I Love You More Than Ever (9 jempol) (1 komen)
  24. Pancasila dihati kakek nenek adalah kedamaian yang teryuh…merasuk sampai ke sum sum (8 jempol)
  25. Pancasila menurut saya yang suka masak adalah seperti bumbu2 organik yang esensial membuat makanan sedaaaap….(6 jempol) (1 komen)
  26. Pancasila seperti suara adzan yang memanggil umat sujud kepada Allah SWT (9 jempol) (1 komen)
  27. Pancasila adalah roh pergerakan yang mendinamiskan kehidupan politik bernegara berbangsa kearah kesatuan kesejahteraan kedamaian untuk semua (1 jempol) (2 komen)
  28. Pancasila seperti oese di tengah padang gurun supaya Indonesia yg dikelilingi lautan makin menghargai sebelum tiba kesusahan dari pengabaiannya (2 jempol) (1 komen)
  29. Pancasila adalah hati, jiwa, raga, dan pikiran semua insan Indonesia yang tinggal dari Sabang sampai Merauke berjanji setia dalam duka dan senang (5 jempol)
  30. Pancasila seperti rumah kehidupan yang melindungi insan Indonesia dari badai dan bencana …yang mematikan.. (2 jempol) (1 komen)
  31. Pancasila karena engkaulah diriku bisa menerima keberadaan setiap pribadi setiap suku setiap umat beragama sebagai keindahan Ilahi yang diberikan hak hidup (3 jempol) (2 komen)
  32. Pancasila sudah dibuktikan kesaktiannya dan kalau diuji lagi insyah Allah bukan dgn kekerasan tetapi hanya melalui cinta kasih (2 komen)
  33. Pancasila adalah lentera sekalipun Indonesia kehabisan minyak bumi, engkaulah penuntun kita dalam kegelapan (tidak ada jempol dan komen)
  34. Pancasila adalah buah cinta dari pemimpin dan rakyat ketika membangun komitmen pernikahan membentuk keluarga bangsa Indonesia (tidak ada jempol dan komen)
  35. Pancasila adalah cita-cita pengantin muda yg terus dikawal hingga bergenerasi diturunkan dalam ingatan bersama diritualkan dlm praktek iman kekinian Indonesia (tidak ada jempol dan komen)
  36. Pancasila untuk mereka yg pesimis ketika ditanya apa makna akan tertawa hehehe karena masih banyak diskriminasi dilakukan atas nama Pancasila (3 jempol) (2 komen)
  37. Pancasila bagaikan kartu truf ditangan seorang pemain politik yang cantik..hahaha bisa berubah wujud..(1 jempol)
  38. Pancasila adalah candu menurut Karl Marx (2 jempol)
  39. Pancasila hanya sebagai topeng untuk mereka yg bertarung merebut kekuasaan (3 jempol)
  40. Pancasila dikatakan sudah terkubur bersama SoehartoJ (1 jempol) (1 komen)
  41. Pancasila bagaikan putri tidur yg sdh saatnya dibangun dengan kesatrian pemimpin bangsa Pancasilais (1 jempol)
  42. Pancasila memberi inspirasi kepatriotisme bangsa seperti tanaman pisang yang mati meninggalkan anakannya (tidak ada jempol dan komen)
  43. Pancasila dengan ketajaman nilai2nya bagaikan mata bijak burung hantu (tidak ada jempol dan  komen)
  44. Pancasila memang benar ada di dada burung garuda bkn pd sayapnya shg patah, lbh baik lagi berada di dada manusia Indonesia utk dicintai dan diamalkan (2 jempol)
  45. Pancasila ternyata mempunyai kekuatan menanggal kedatangan kemagisan spirit Lady GagaJ (1 jempol)
  46. Pancaila ….syut ternyata penampang kembang lotus yg indah untuk dihayati…(1 jempol)
  47. Pancasia Pancasila saya mau bertanya padamu..sejak kelahiranmu sdh berapa banyak pecahan nilai2 yg mengalir bagi bangsamu? (3 jempol)
  48. Pancasila maaf saya mau nanya lagi! Mengapa garuda yg engkau tumpangi nengoknya hanya ke kanan? Ooh saya tahu itukan arah mentari terbit!Indonesia optimis! (1 jempol)
  49. Pancasila makasih ya…Indonesia optimis berarti Indonesia lihat ke depan dan memaafkan masa lalu…komitmen memperbaharui..bravo PancasilaJ (1 jempol) (1 komen)
  50. Pancasila yang terbang bersama burung garuda..terbanglah indah dari satu pulau ke pulai lain supaya semua melihat kemegahan dan ketulusanmu (tidak ada jempol dan  komen)
  51. Pancasila engkau sudah tiba di mana? Pulau apa? Sudah tiba di Papua belum? Engkau lihat gak apa sedang terjadi di sana? Mengapa mereka disakiti? (1 jempol)
  52. Pancasila jangan lupa mampir di Maluku ya! Pancasila beritahu kami apa yg sedang terjadi di seantero Maluku! (3 jempol)
  53. Pancasila coba lihat di Wakatobi..banyak penyu hijau dan ikan Napoleon ditangkap utk dijual ke Hongkong. Bisakah engkau lakukan sesuatu di sana? (2 jempol) (1 komen)
  54. Pancasila ada pesan nih…warga Flores undang mampir menguatkan mereka supaya tidak kehilangan tanah dan gunung demi pembangunan demi pertambangan (2 jempol)
  55. Pancasila, capek ya? Tapi hatimu puas khan bisa lihat langsung penderitaan rakyat…syukur Pancasila gak nongkrong saja di Jakarta..tunggu laporan pembisik (4 jempol)
  56. Pancasila mengapa sekarang korupsi menjadi penyakit seluruh bangsa ini (2 jempol) (1 komen)
  57. Pancasila demi demokrasi harus ada pemilukada..tetapi bukankah ini sumber korupsi? (3 jempol)
  58. Pancasila bagaimana dengan RUU Keistimewaan Yogyakarta..mengapa berlarut-larut…meresahkan rakyat DIY (2 jempol) (1 komen)
  59. Pancasila…apakah engkau setuju lumpur lapindo dibiarkan menenggelamkan Sidoarjo..kok tidak terselesaikan..keburu pemilu 2014 nih! (7 jempol) (6 komen)
  60. Pancasila peluang pekerjaan terbatas untuk perempuan shg mrk harus menjadi TKW tanpa perlindungan terhadap hak2nya! (2 jempol)
  61. Pancasila sentuhlah hati bangsa ini supaya melindungi generasi muda dari narkoba! (2 jempol)
  62. Pancasila berdayakan petani sehingga berdaulat terhadap pangannya sendiri..(2 jempol)
  63. Pancasila dimanakah keadilan terhadap akses pendidikan kepada warga di pelosaok sebelum mereka mengikuti ujian nasional? (2 jempol)
  64. Pancasila mengapa kami miskin di tanah air yang kaya ini? (2 jempol)
  65. Pancasila dimanakah pemerintah ketika kami kekurangan gizi, sakit dan hampir mati? (1 jempol) (1 komen)
  66. Pancasila dihari HUTmu yang ke 67 kumengeluh, kubernyanyi, kumenari merayakan perjalanan hidup bangsa ini. Bangkit Pancasilaku bangkit Indonesiaku! (4 jempol) (1 komen)
Penutup
Bersyukurlah kepada Allah untuk kesempatanNya meluangkan waktu kpd saya berbagi dengan sanak saudara merenungkan Pancasila..67 ayat-ayat renungan telah lahir..(6 jempol) (2 komen)

Garuda Pancasila digotong dalam pawai keragaman di Yogyakarta pada bulan Juni 2012
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar