Translate

Senin, 08 April 2013

Pengendalian Harga Tepung Sagu Basah Menjadi Tugas Pertama Gubernur/Wakil Gubernur Lukmen


Pengendalian Harga Tepung Sagu Basah Menjadi Tugas Pertama Gubernur/Wakil Gubernur Lukmen.
Oleh Farsijana Adeney-Risakotta

Papua Pos Online, 9 April 2013 (www.papuapos.com) melaporkan bahwa harga sagu di Jayapura naik dari Rp 100.000 perkarung menjadi Rp 250.000 perkarung. Stok sagu di pasaran makin berkurang menjadi pemicu kenaikan harga. Cuaca kering menyebabkan banyak pohon sagu kering. 


Selain faktor alam,  Petisi Warganegara NKRI untuk Papua juga mensinyalir bahwa kenaikan harga sagu mungkin disebabkan karena rencana pelantikan Gubernur/Wakil Gubernur Papua akan dipestakan dengan menyajikan berbagai makanan khas masyarakat Papua seperti bakar baru, barapen dari Biak, sagu dingin ala Sentani dll yang dalam pengolahannya memerlukan bahan pokok tebung sagu. Kebutuhan tepung sagu tiba-tiba untuk menjamu 30 ribu orang bisa menjadi faktor pemicu kenaikan harga tepung sagu basah.


Fenomena kenaikan harga sagu ini, yang merupakan makanan pokok rakyat Papua harusnya menjadi perhatian pertama dari Gubernur/Wakil Gubernur Lukmen untuk memikirkan strategi ketahanan pangan lokal. Rakyat Papua harus bisa dijaminkan mampu mengakses tepung sagu basah sebagai bahan pokok pengolahan berbagai jenis makanan khas Papua. Penjualan tepung sagu yang basah dengan harga mahal dapat menyebabkan penurunan kualitas penyajian makanan olahan sagu yang dilengkapi dengan variasi makanan lain yang bergisi seperti berbagai menu sayuran dan ikan. 

Pengendalian harga makanan pokok menjadi tugas pemerintah daerah untuk menjaminkan warga masyarakat mempunyai akses pada makanan yang sehat dan bervariasi sehingga Papua bisa keluar dari permasalahan busung lapar. Salam amalulukee.

Papeda dibuat dari tepung sagu.



Kuah ikan dengan tambahan sayuran seperti terung, tomat adalah menu yang dimakan bersama papeda. 

 
Makan papeda dilakukan bersama-sama sangat nikmat



Sumber berita:
1. Rakyat Papua Saksikan Pelantikan Lukmen Hari ini
   <http://www.papuapos.com/index.php/uta,a/item/1801-rakyat-papua-saksikan-pelantikan-lukmen-hari-ini>

2. Harga Sagu Naik
  <http://www.papuapos.com/index.php/ekonomi-papuapos/item/1788-harga-sagu-naik>
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar