Translate

Jumat, 29 November 2013

Thanksgiving dan mas Willy!


 orm

Thanksgiving dan mas Willy !
Oleh Farsijana Adeney - Risakotta

Saya menikmati rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa . Saya bisa menulis dengan menarikan jari-jari kecil ini pada tombol komputer saya . Mengetik dengan 10 jari saya telah mempublikasikan banyak posting di blog saya . Blog saya telah berusia lebih dari dua tahun . Awal menulis dimulai dari kebiasaan berbagi tulisan kepada teman-teman saya di FB. Tetapi akses saya untuk posting dibloker oleh Hacker sehingga saya mulai menulis di blog kemudian dibagikan kepada pembaca umum. Tulisan saya di blog mulai  berkembang terutama sebagai tempat bagi saya untuk menjelaskan tentang alasan hidup bersama sebagai manusia dan alam demokrasi di Indonesia . Saya selalu menikmati menulis. Saya mendapat ide ketika saya sedang  jogging , saat mandi atau mengemudi .

Sekarang setelah kecelakaan mobil , saya tidak bisa berlari , tidak bisa mandi seperti biasa dan tidak bisa mengemudi , tapi ketika saya tertidur dengan kata-kata dan kemudian dibangunkan oleh frase yang siap sebagai tulisan . Saya sudah menulis sejak saya keluar dari rumah sakit . Seorang teman bertanya kepada saya berapa lama saya perlu waktu untuk menulis dalam kenyataan saya memiliki keterbatasan tubuh yang terbalut perisai . Saya tidak mengukur berapa lama saya menulis . Karena saya menulis untuk dua jenis pembaca , yaitu pembaca Indonesia dan mereka yang hanya dapat membaca dalam bahasa Inggris . Kadang-kadang saya menulis cepat karena jari saya tidak memiliki masalah untuk mengirim sinyal dari penangkapan ide-ide yang digabungkan ke dalam dari huruf-huruf yang berbunyi ketika pengetikan menjadi kalimat dengan sarat makna. Saya menulis dengan komputer tanpa melihat tombol . Ide-ide mengalir seperti cahaya yang menembus ke dalam dinding sekat untuk menghangatkan bagian dalam rumah . Ide-ide datang dengan cara yang berbeda dan mengalir  dalam ekspresi yang berbeda .

Dalam tidur saya tulisan-tulisan dirumuskan. Kejadian ini mengingatkan saya ketika siku kanan saya harus dibalut , pada hari berikutnya saya bangun dan dalam keadaan sebelum mengakhir doa, tiba-tiba saya mendengar suara yang mengatakan : " Pasir Pasir .. " . Saya bertanya: "Pasir.. Pasir..? Apakah saya harus melukis dengan pasir? " Kemudian suara itu menjawab : " Pasir ... Pasir" . Saya percaya bahwa suara itu dari Tuhan untuk saya. Saya bangkit dari tempat tidur untuk pergi mencari botol yang diisi dengan pasir . Saya mengoleksi pasir dari Bali . Saya kemudian mengambil pasir , dan meminta keponakan saya untuk pergi mencari semen berwarna . Keponakan saya kembali , saya sudah selesai melukis dengan pasir yang saya beri judul "Penari Kehidupan" . Lukisan ini berasal dari sebuah puisi yang ditulis dalam blog saya " Indonesianku Indonesianmu Indonesia untuk * Semua : . Saya mengutip puisi itu .


Sekarang mensujud menghormat mendalam
Peziarah kehidupan 
 Seperti  penari dengan irama gerakan dan kharisma
Sekarang menyentuh pikiran menggelorakan
Hati menyongsong diri 
 Kehidupan melatihkan   penari melepaskan  raga
dari duka dalam keindahan  
 Penari kehidupan pertemukan diri dalam lakon
derita  dengan keanggunan keabadian  


Setelah itu , saya melukis 11 lukisan dalam seminggu dengan tangan kiri saya. Selama masa melukis, satu hal terjadi . Dalam keadaan saya setengah tidur, sebelum saya bangun, saya berdoa, sebelum mengakhirnya saya melihat bunga putih yang sangat besar di depan saya . Saya terkejut dan menatapnya.  Lalu saya bangkit dari tempat tidur dan mencari kanvas untuk melukis . Dalam dua puluh menit saya sudah melukis bunga putih seperti yang ada dalam ingatan saya yang terus mengikuti saya ketika saya sedang melukis.  Saya memberi judul : " Indonesia menunggu cinta " . Lukisan ini mengikuti inti puisi saya yang memiliki judul yang sama . Saya mengutip puisi dan ingin menunjukkan itu dalam bentuk lukisan saya.

 

Bau berahi Menebar Tanah mengulum Melembut Sesudah panas Menarik
Rahim bumi Membuka
 Detik hujan Menguncup Pijakan tanah Burung-burung pulang Batas senja
Menunggu kembali Cinta
Bumi subur Tanah air Bumi indah Bangsa perkasa Bumi rahmat Negara santun
Sesudah datangnya Cinta 



 


Karena kecelakaan sampai sekarang , saya terus menulis . Tapi kemarin , saya berhenti menulis beberapa jam sejak 04:30 sampai 10:00 saya menikmati bersosialisasi untuk pertama kalinya dengan keluarga saya , bersama dengan keluarga pak Robert Hefner ,ibu Nancy Smith - Hefner dan dua mahasiswi  ICRS Yogya , bu Ninik dan bu Nina untuk merayakan Thanksgiving bersama-sama . Saya sangat senang mengetahui keluarga Hefner , terutama anak mereka disebut mas Willy .  

Saya tertawa ketika pak Hefner bercerita tentang mas Willy . Suatu hari mereka berada di Bali . Mas Willy berusia sekitar 3 atau 4 tahun . . Mereka berjalan dan ada orang-orang berteriak di jalan dan berkata , " Hey boy where you are going?. Anak kecil ini melihat mereka dan dengan bangga berkata : " Nama saya bukan “boy”, nama saya mas Willy " . Tubuh Pak Hefner ' menghentak.  Saya melirik ke mas Willy berdiri di dekat pintu sambil kagum pada kenangan masa kecil yang dihangatkan lagi oleh ayahnya . Mata mas Willy bangga dan bahagia ! Sedikit senyum di wajah mas Willy ' !

Saya menulis tentang mas Willy karena pada Thanksgiving , saya bertanya apakah Will senang dipanggil mas Willy , kemudian dia berkata ya sambil mengajukan kepalanya . Willy dibesarkan beberapa tahun di Indonesia ketika orang tuanya melakukan penelitian di sana . Sekarang Willy sudah lupa bahasa Indonesia , tapi tidak melupakan namanya mas Willy . Memanggil seseorang " mas " di Jawa  di Indonesia adalah untuk menunjukkan rasa hormat kepada anak yang dianggap berbeda dari anak-anak lain . Perbedaannya mungkin karena orang tuanya berasal dari keluarga bangsawan , atau berpendidikan atau dihormati . Nama aslinya adalah William . Sekarang di Boston di mana ia tinggal bersama orang tuanya , ia hanya disebut Will . Mas berarti kakak . Seseorang bisa disebut mas meskipun ia kecil tetapi dianggap memiliki kelebihan karena pengalamannya diperbesar oleh kekayaan pengaruh dari orang-orang di sekitarnya.   Willy lahir dari keluarga dengan pengalaman yang sangat mendalam yang menghormati Indonesia dan Islam .

Cerita Thanksgiving ada dalam pikiran saya sejak kemarin karena , pemuda tampan ini , masih bersyukur dengan nama yang diberikan oleh orang Jawa , " mas Willy " . Saya tidak mengingatkan semua yang hadir tadi malam tentang seorang penulis Indonesia yang besar , Rendra yang selalu disebut mas Willy.  Berbeda dengan Rendra , mas Willy ini adalah  anak seorang keluarga Hefner. Ia senang belajar ilmu alam dan matematika . Sekarang mas Willy sedang belajar di University of Maine , jurusan teknik mesin . Ia mengakui bahwa kurang baik dalam mata pelajaran sastra sehingga  tidak bisa mengikuti jejak orang tuanya yang belajar tentang budaya dan agama dari berbagai komunitas di seluruh dunia .

Ayahnya, pak Robert Hefner adalah seorang antropolog yang mempelajari Islam dari pandangan masyarakat dan budaya . " Ibunya, Nancy Smith- Hefner juga adalah seorang antropolog dengan spesialisasi pada gender dan pendidikan masyarakat . Dia telah melakukan penelitian di beberapa negara di Asia Tenggara . Kakaknya , Clarie juga seorang antropolog yang sedang menyelesaikan penelitian tentang remaja perempuan  dan pendidikan Islam di Indonesia . Memang  ia sudah lupa  bahasa Indonesia dan tidak ahli seperti keluarganya , tetapi Indonesia telah memberinya nama dan dia menerima warisan dari Indonesia , mas Willy . Pada tahun ini Thanksgiving , ia mengingatkan bahwa ia memiliki berkat Indonesia .

Bersama keluarga ini , keluarga kami , baik suami saya dan keponakan kami dengan kedua mahasiswa ICRS Yogya diundang untuk merayakan Thanksgiving . Bersama kami ada juga dua teman dari Claire . Luar biasa!  Ibu Nancy menyiapkan makan malam dan pesta Thanksgiving dengan memasak selama beberapa hari . Menu Thanksgiving yang beraneka ragam mengingatkan saya tentang makanan prasmanan dalam jamuan makan di Indonesia.  Pada Hari Thanksgiving , selain kalkun sebagai menu utama , ada kentang , jagung , petatas , sayuran buncis dimasak dengan susu,  sayuran segar seperti  salad, roti , saus cranberry dan berbagai masakan lain yang semua diolah dengan sangat enak.  Makanan pembuka  dengan berbagai macam keju yang dimakan dengan chip dan  sause mengundang selera makan.

Rumah yang hangat dengan perapian lebih wangi setelah kalkun dipanaskan . Kami menikmati kalkun yang dipotong dari seekor kalkun yang beratnya 22,4 pounds atau kurang lebih 10 kg. Bu Ninik mengatakan ukuran kalkun ini melebihi ukuran seorang anak bayi.  Pak Hefner membuka dengan berdoa Thanksgiving , seperti kiya sedang melantunkan doanya. Kiya adalah sebutan kepada seorang ulama. Tuhan Maha Besar terima kasih untuk kehidupan dan persaudaraan.  Makanan yang dikelilingkan sehingga setiap orang bisa mengambil bagiannya dan meletakkan pada piring masing-masing. Piring saya penuh. Kami makan, bercerita, tertawa ketika berbagi cerita . Pesta Thanksgiving sebenarnya adalah makan dengan kedalaman untuk saling berbagi cerita dari pengalaman masing-masing . Oh sungguh lezat!



Terima kasih banyak pak Hefner , bu Nancy , mba Claire dan mas Willy yang telah mengambil saya keluar dari rumah untuk pertama kalinya untuk bersosialisasi setelah kecelakaan itu . Saya menulis cerita ini sebagai tanda terima kasih kepada mas Willy yang masih senang disebut sebagai orang Jawa bahkan saat ini di keluarganya dia hanya disebut Will . Saya akan selalu memanggilnya mas Willy !



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar