Translate

Jumat, 06 Mei 2011

Press Release dan Undangan Terbuka* Temu Kangen Akbar Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DI.Y

                                               
Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DIY adalah organisasi massa perempuan yang melakukan advokasi dan pemberdayaan kepada anggotanya dan perempuan umumnya untuk mencapai keadilan dan demokrasi. Keberadaannya sebagai organisasi massa perempuan di propinsi DIY selama kurang lebih 12 tahun menjelaskan banyak hal. Pertama, peningkatan kapasitas perempuan masih perlu terus dilakukan demi pencapaian harapan pemerintah dan masyarakat terhadap partisipasi perempuan dalam negara. Kedua, pencapaian kapasitas perempuan harus ditunjang dengan upaya mempraktekkan nilai-nilai yang dipercayainya sebagai dasar dari keadilan dan demokrasi. Ketiga, keterlibatan perempuan dalam politik di berbagai tingkatan harus didukung membentuk perempuan sebagai pemimpin transformatif dalam masyarakat dan berperspektif perdamaian.

Pencarian bentuk kegiatan untuk membangun kapasitas diri demi pemunculan pemimpin perempuan mulai dilaksanakan secara sistematis oleh KPI Wil DIY. Kepengurusan legislatif dan eksekutif terpilih untuk periode 2010-2014 telah berhasil melewati 2 tahun kegiatan kerja sebagai implementasi dari hasil-hasil Rapat Kerja Wilayah (rakerwil) 2010 dan 2011. Bentuk nyata dari proses konsolidasi anggota di tingkat cabang terlihat pada ketercapaiannya memfasilitasi penyelenggaraan Konfercab untuk memilih kepengurusan baru di empat cabang dari KPI Cabang Sleman, KPI Cabang Bantul, KPI Cabang Gunung Kidul dan KPI Cabang Kulon Progo. Demikian juga upaya untuk mentargetkan keterlibatan perempuan dalam semua ranah pengambilan keputusan sudah mulai dijalankan secara terpadu. Hasilnya diharapkan terlihat pada pemunculan pemimpin perempuan pada musyawarah rembug dusun, desa, kecamatan, kabupaten dan propinsi.

Sambil penguatan kepemimpinan perempuan terus diupayakan, rakerwil 2011 KPI Wil DIY menyadari perlunya dilakukan penguatan praktek hidup rukun pada anggota. Diharapkan dampaknya akan menghadirkan kehidupan yang saling menghormati, mendukung dalam keberbedaan masing-masing karena keberadaan latar belakang pendidikan, status sosial, agama, budaya dan etnis dari masing-masing anggota. Praktek nyata anggota KPI Wil DIY ini diharapkan bisa mendorong setiap  anggota KPI sebagai katalisator perdamaian  di dalam masyarakat Indonesia yang semakin tercabik-cabik karena tekanan pada persaingan kepentingan politik.

Komitmen KPI Wil DIY adalah mendukung semua upaya hidup rukun yang akan memberikan ketenangan kepada anggota masyarakat pada saat yang sama terus membangun kesadaran kritis kepada anggota dan masyarakat luas tentang bentuk-bentuk ketidakadilan dan kevakumanan proses demokrasi. Menghadirkan anggota KPI Wilayah DIY sebagai pemimpin perempuan transformatif kiranya dapat menawarkan warna politik perempuan di bumi Yogyakarta yang mencintai kehidupan sebagai bagian dari proses membangun keadilan dan demokrasi bersama.

Jadi diharapkan melalui Temu Kangen Akbar inilah,   cita-cita bersama untuk hidup rukun sesuai dengan visi dan misi dari nilai-nilai KPI bisa terwujud. Dalam rangka itulah maka Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DIY akan menyelenggarakan pertemuan akbar anggota Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DIY. Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam Temu Kangen Akbar ini adalah perlombaan paduan suara.  Ada enam Paduan Suara, masing-masing 1 PS dari KPI Cabang Kota Yogya, 2 PS dari KPI Cabang Bantul, 1 PS dari KPI Cabang Kulon Progo, 1 PS dari KPI Cabang Gunung Kidul, 1 PS dari KPI Cabang Sleman. Lagu-lagu yang diperlombakan adalah lagu wajib, Mars Koalisi Perempuan Indonesia dan lagu pilihan adalah Mars dari masing-masing Kabupaten. 

Penguatan kesadaran bersama untuk hidup rukun dilakukan dengan merefleksikan Tema Temu Kangen Akbar. Adapun temannya, "Hidup rukun sebagai modal dasar kepemimpinan perempuan transformatif". Kemudian dilaksanakan   konsolidasi peserta melalui masing-masing kelompok kepentingan. Ada 13 Kelompok Kepentingan di KPI Wil. DIY dari kurang lebih 2000 orang anggota yang berada di empat kabupaten dan 1 kota. Ketiga belas Kelompok Kepentingan adalah: Buruh, Petani, Sektor Informal, Profesional, Ibu Rumah Tangga, Miskin Kota, Kemampuan berbeda /difabel, Pedila (Perempuan yang dilacurkan), Pekerja Rumah Tangga, Anak Marjinal, Janda/Orang tua tunggal/lajang, Pemuda/pelajar/mahasiswa dan LBT (lesbian, biseksual dan transeksual).

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan pada hari Minggu tanggal 8 Mei 2011 dari jam 08.30 sd 16.30. Tempat pelaksanaan di Sasono Hinggil Dwi Abad di Alun-Alun Selatan Yogyakarta.

Adapun susunan acaranya sebagai berikut:

             08.30-09.00:            Registrasi dan snack

 

             09.00-09.20:            Pembukaan:
                                              1. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KPI

 
                                              2. Sambutan Ketua Panitia Pelaksana


 
                                              3. Sambutan Sekretaris Wilayah KPI Wil. DIY

 
 
 

             09.20-10.20:            Perlombaan Paduan Suara

 
                                             
             10.20-12.20             Refleksi Bersama Tema Temu Kangen Akbar



             12.20 - 13.20           Rehat
 

             13.20 – 15.40          Konsolidasi Anggota menurut Kelompok Kepentingan

 
                                              
             15.40 – 16.10          Pementasan Teater (tema Poligami)

 

             16.10-   16.30         Pengumuman Lomba, Ikrar KPI dan Penutupan



 




* Undangan terbuka untuk anggota Koalisi Perempuan Indonesia Wilayah DI.Y


Dikeluarkan di Yogyakarta, 6 Mei 2011

Sekretaris Wilayah Koalisi Perempuan Indonesia Wil DIY
Farsijana Adeney-Risakotta

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar