Translate

Selasa, 10 September 2013

PIZZA, Jawaban untuk 9/11


Pengantar:
Tulisan ini adalah terjemahan dari naskah dalam bahasa Inggeris berjudul "PIZZA in response to 9/11" yang bisa diakses pada
 
 
Peristiwa 11 September dikenang dengan dengan membiarkan lubang di mana bekas gedung pencakar langit World Trade Center dikuburkan . Kedua lubang fondasi dari gedung WTC saat ini mengalir air terjun yang tidak berhenti. Foto ini diambil dalam perjalanan terakhir saya tanggal  14 Agustus 2013 ke monumen peringatan 11 September.


PIZZA, Jawaban untuk 9/11

oleh
Farsijana Adeney - Risakotta

Hari ini tepat (11 September 2013), 12 tahun peristiwa mengerikan di dunia,   serangan  9/11 di World Trade Center yang menewaskan 3.000 warga biasa dari negara yang berbeda yang berada di kedua gedung pencakar langit tsb di New York City termasuk para penumpang di kedua pesawat.

9/11 menjelaskan tata cara penulisan penanggalan di Amerika Serikat, yaitu 9 menunjukkan bulan September dan 11 untuk tanggalnya. Tetapi 911 juga adalah nomor telepon khusus untuk keadaan darurat yang berlaku di seluruh negara bagian.  Bagi saya, rasanya seperti benar-benar lucu bahwa 911 menyerupai nomor panggilan darurat di Amerika Serikat. Saya terpaku. Hmmm .. !  Bahkan jika ada kecelakaan, kebakaran dan keadaan darurat karena kesakitan yang membutuhkan ambulans, warga dapat menghubungi 911 untuk meminta bantuan.


Hanya sekarang setelah berkali-kali saya mengunjungi "ground zero" di New York City , tempat di mana bangunan World Trade Center runtuh tertanam dalam bumi, saya menyadari makna  baru dari  911.

911 adalah tragedi menyedihkan karena nyawa manusia terbuang. Warga biasa menjadi tumbal untuk membayar kebijakan luar negeri Amerika Serikat yang menyebabkan kengerian dalam bayangan pembom bunuh diri yang menggunakan pesawat sebagai bom. Tragedi 911 telah menimbulkan  pro dan kontra sebagai reaksi dari berbagai bangsa . Kritik terhadap pelaku yang disebut teroris mengalir dari berbagai negara ke Amerika Serikat yang berduka pada saat itu. Sesudah itu ada banyak perang anti - teroris yang dilakukan  Amerika Serikat untuk mengejar mereka yang dicap " teroris ". Amerika Serikat menyerang Afghanistan, Irak dan banyak tempat lainnya yang dianggap melahirkan teroris dan tidak akan berhenti.

Ketika  perang terus berlanjug, warga sipil adalah korban. Timbul pertanyaan apakah perang menyelesaikan masalah yang disebut " teroris " ? Selain itu, hukum internasional juga tidak bekerja dengan baik karena serangan dilakukan tanpa mempedulikan pada hukum tsb yang mengatakan bahwa suatu negara dapat membantu negara untuk mengirimkan pasukan militer perdamaian jika ada permintaan dari negara itu.

Dalam hal ini, Amerika Serikat telah melakukan beberapa serangan untuk membunuh lawan-lawan politiknya di negara lain karena tuduhan penggunaan senjata kimia. Perang menguntungkan mereka yang kaya dan berkuasa. Situasi tampak bahkan lebih buruk bagi demokrasi ketika perang sipil pecah di antara warga dalam suatu bangsa.   Seperti yang terlihat di Mesir saat ini, pengunjuk rasa tewas militer ketika membela Presiden terpilih, Mohammad Morsi yang mengakibatkan kekerasan dengan pembakaran  gereja-gereja dari kelompok minoritas Kristian yang dilakukan oleh kelompok Muslim Brotherhood. .

Kejadian ini mengingatkan saya pada gerakan 3011 pada tahun 1965 yang disebut dalam bahasa Indonesia sebagai “Gerakan Tiga Puluh September 1965 ".  Tragedi menegangkan ini terjadi di antara tahun 1965- 1966 dimana warga sipil dibunuh karena ideologi yang berbeda. Darah pengikut partai komunis halal sehingga patut dibunuh sekalipun mereka adalah warganegara Indonesia.

Konflik tingkat global tidak saja mempengaruhi hubungan internasional antara negara tetapi juga hubungan antara sesama warganegara di dalam suatu negara seperti terlihat pada konflik di Ambon, Maluku, Indonesia. Pada saat masyarakat Amerika Serikat sedang merayakan satu dekade 11 September pada tahun 2011, di kota Ambon, Maluku, Indonesia di mana konflik berbasis agama beberapa tahun sesudah Reformasi Politik di Indonesia. Pecahnya konflik ini dihubungkan oleh beberapa kalangan di Maluku dengan kejadian 11 September di Amerika Serikat. Masyarakat digambarkan dengan istilah sabili untuk menunjukkan kepada kaum muslim dan salibis untuk kaum kristen karena mempercayai salib  (Adeney-Risakotta, 2013). 



911 adalah tanda krisis seperti yang dikenal oleh seluruh warganegara Amerika Serikat . Ketika seseorang menelepon 911 situasi darurat ada yang harus segera dilakukan. Keadaan politik dunia saat ini, setelah 12 tahun masih belum berubah bahkan ketika alarm sudah berdering,  911 sebagai tanda krisis tidak menunjukkan adanya perubahan.

Di sinilah peran masyarakat sipil di dunia untuk menghentikan perang yang dikendalikan oleh para penguasa dan orang kaya dengan mengorbankan warga sipil biasa. Warga dunia perlu memahami bagaimana untuk tidak terjebak dalam kekacauan perang yang dikendalikan oleh mereka dengan kuasa.  Kepanikan perang dapat menyebabkan orang yang baik menjadi pembunuh karena mereka harus lakukan yang kejam untuk melindungi diri mereka sendiri. Pengalaman masa lalu kekerasan di Provinsi Maluku di bagian timur Indonesia adalah cermin untuk mengingatkan kita tentang kerentanan yang ada dalam kondisi manusia. Individu akan hilang tetapi bangsa terus hidup. Generasi baru membawa ingatan  dari masa lalu sehingga siklus kekerasan akan terus berputar-putar bahwa mereka percaya harus terjadi sebagai pembalasan atas peristiwa masa lalu yang belum terbayar .

Menghadapi dinamika psikologis perang dan ingatan yang mewarisinya bisa mendorong kita untuk melakukan sesuatu untuk mencapai ruang yang lebih luas yang memungkinkan warga negara biasa mampu  membangun kepercayaan terhadap satu sama lain .


Pada hari ini, ketika getaran sinyal pencakar langit reruntuhan World Trade Center datang di seluruh dunia,  911 berfungsi sebagai peringatan bagi dunia .Kiranya sudah cukup warga sipil menjadi korban kekerasan atas nama negara sangat kuat .


Dalam krisis saat dunia, saya memutuskan untuk merilis  blog yang berjudul PIZZA. PIZZA adalah panganan dunia saat ini  sesudah dipopulerkan oleh PIZZA HUT ke berbagai belahan dunia. Produk globalisasi dengan membayaran biaya untuk pengelolaan merek / paten, PIZZA HUT dapat dikelola oleh siapa saja di seluruh dunia  PIZZA HUT saat ini melibatkan pengelolaan dari masyarakat setempat.


PIZZA adalah gerakan di seluruh dunia untuk memberikan persiapan bagi warga dunia sehingga ketika sinyal alarm berbunyi, orang memiliki kapasitas untuk mengatasi krisis tanpa panik . Panik dapat menyebabkan orang baik mereka menyesali  kekerasan  dari perang yang melibatkan mereka. Ketika orang makan PIZZA mereka juga siap untuk memahami makna baru dari PIZZA. Saya memberikan arti PIZZA dengan mengikuti setiap huruf depan dari kata yang membentuk  PIZZA. P adalah singkatan untuk Peace, Z berarti Zoom , Z singkatan Zone dan A singkatan Autthencity .

Ketika ada damai PIZZA dapat dibuat dengan rasa indah dan lezat.  Damai sejahtera prasyarat yang sangat penting tidak bisa ditunda lagi. Perdamaian adalah perspektif sekaligus gaya hidup dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan orang lain. Ketika perdamaian didekati secara rinci akan terlihat berbagai bentuk ekspresi dan upaya untuk menjangkau sesama manusia hidup untuk harmonis. Semakin meluasnya praktik untuk membangun perdamaian yang beriringan dengan prinsip demokratis dalam masyarakat maka zona damai yang nyata harus dihormati karena hubungan saling percaya yang telah terbangun dalam masyarakat.  Keunikan dan keaslian perdamaian akan menjadi perisai untuk melawan kecepatan dari tekanan luar terus mengganggu keharmonisan dan perdamaian dunia .


PIZZA bukan hanya sebuah konsep, melainkan awal dari praktik menuju perubahan dalam refleksi tindakan kolektif untuk membangun kehidupan masyarakat mulai dari tingkat terendah lokal, regional , nasional dan internasional. PIZZA adalah suatu tindakan untuk mengubah dunia menjadi lebih adil, damai dan sejahtera secara merata.

Boston , 911 2013
Farsijana Adeney - Risakotta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar